Siapa sih BTS? Kok bisa tembus dipasar amerika bahkan internasional?
Dibentuk oleh Big Hit Entertainment, kelompok yang terdiri dari tujuh laki-laki ini pertama kali tampil tahun 2013. Mereka adalah : Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook.
Kepanjangan dari namanya adalah Bulletproof Boy Scouts namun karena mereka ingin menembus pasar Amerika Serikat, jadinya Beyond the Scene.
Para pengkritik mengatakan yang membuat BTS berbeda dibanding band K-Pop lainnya adalah keberanian mereka dalam mengangkat masalah-masalah yang selama ini dianggap 'tabu' seperti bullying, elitisme, dan kesehatan mental.
Penampilan BTS merupakan campuran pop, R&B, hip hop dan tarian yang diatur dengan koreografi yang ketat.
Lagu hit mereka antara lain adalah DNA (yang ditampilkan pada American Music Awards 2017), senandung kepedihan kaum muda Blood Sweat & Tears, serta Spring Day, yang dianggap para penggemarnya untuk menghormati kecelakaan feri Sewol di Korea Selatan tahun 2014 lalu yang menewaskan 300 jiwa lebih.
Music Video merekapun memiliki jumlah view yang banyak, MV DNA milik bts ini mencapai 880 juta kali ditonton (sejak 2017), sedangkan MV mereka yang baru baru ini dirilis Boy With Luv telah ditonton sebanyak 610 jt kali dalam kurun waktu 5 bulan.
Band ini juga berkolaborasi dengan DJ terkenal Amerika Serikat, Steve Aoki, untuk lagu yang berjudul Mic Drop.Boyband yang terdiri dari tujuh pria ini tahun lalu meraih keberhasilan yang belum pernah dicapai oleh K-Pop lainnya, yaitu pasar yang amat sulit dan tidak kenal ampun: Amerika Serikat.
Tur mereka yang amat berhasil di AS ikut mengangkat kombinasi musiknya yang merupakan campuran pop, hip-hop, dan R&B -sebagian besar dalam Bahasa Korea- ke panggung dunia.
BTS menikmati peringkat tertinggi yang pernah dicapai kelompok musik K-Pop di tangga lagu Billboard 200 dan bulan November menjadi K-Pop pertama yang berada di puncak daftar lagu populer iTunes di Amerika Serikat.
Di dunia media sosial, BTS juga mencatat sejarah.
Twitter memberi sejumlah penghargaan, termasuk 'penampilan musik yang paling melibatkan orang', juga memiliki emoji sendiri dan menjadi nama yang paling banyak di- retweeted atau disebar ulang di kalangan para pemusik.
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Seoul juga mengungkapkan bahwa pesan Twitter-nya yang paling banyak melibatkan pengguna sepanjang tahun 2017 adalah tentang BTS.
Dan para pria BTS menghadapi tahun mendatang yang sibuk. Mereka sudah ditunjuk sebagai duta besar pariwisata dambaan, dengan tugas pertama tampil dalam iklan pada akhir tahun yang membuat situs pariwisata pemerintah ibu kota Seoul sampai anjlok karena terlalu banyak pengunjungnya.
"Kekuatan idola (di sekitar BTS) sudah di tingkat yang berbeda," kata Peter Kim, seorang pejabat di divisi bisnis pariwisata.
"Kekuatan dari reaksi atas video itu tidak pernah terjadi dan kami tidak menduga menjadi amat populer sehingga tentu saja menjadi lebih jauh dari yang kami perkirakan."
*blog ini tidak bermaksud copyright, hanya untuk memenuhi tugas kuliah harian

Tidak ada komentar:
Posting Komentar